Jumat, 27 Agustus 2010

IID (1), Kacang Asin Bali, Snack yang Maknyoss!

Nah, pasti sebelum membaca artikel ini, kamu bertanya dalam hati, apa sih IID itu? IID adalah salah satu sub tema yang saya buat. Kepanjangannya adalah Icip-Icip Denpasar. Nah, artikel ini khusus untuk menyampaikan kuliner-kuliner khas Bali, khususnya Denpasar. Dan tentunya, semua kuliner ini dapat ditemukan di Kota Denpasar. Tujuan saya membuat artikel tentang kuliner-kuliner adalah untuk menunjukkan bahwa Bali banyak memiliki kuliner-kuliner yang khas, walaupun teknologi dan budaya barat mulai mempengaruhi Denpasar dan Bali.

Ok, kita lanjutkan ke pembicaraan IID kita yang pertama, yaitu tentang Kacang Asin Bali. Kacang ini dikenal oleh semua kalangan masyarakat, mau miskin ataupun kaya, jelek ataupun cantik. Mau masyarakat lokal, nasional, ataupun internasional. Pokoknya, semua pasti kenal dengan kacang asin Bali!

Kacang asin ini terkenal karena rasanya yang enak, gurih dan renyah. Selain itu, kacang ini dikemas dalam kemasan kecil, sedang, ataupun besar, sesuai dengan ketebalan "kantong" kita. Dan, kacang asin ini biasanya disuguhkan kepada tamu sebagai camilan (snack), dengan ditemani oleh jajan/kue lainnya dalam satu kotak. Rasanya, camilan yang disuguhkan belum lengkap deh tanpa si kacang asin khas Bali ini!

Salah satu nama produk dari kacang asin ini adalah kacang asin Rahayu. Merk kacang yang bahan bakunya adalah kacang tanah ini sudah terkenal sampai ke mancanegara. Maka dari itu, kacang asin ini menjadi salah satu ikon dari Bali, khususnya Kota Denpasar. Bagi yang belum mencoba camilan yang satu ini, cepetan coba deh! Pasti ada, di toko-toko terdekat di kotamu! :D

Sumber :

Internet, Buku Kebudayaan Unggul Inventori Unsur Unggulan Sebagai Basis Kota Denpasar Kreatif terbitan BAPPEDA Kota Denpasar tahun 2010.

Sumber Gambar :

www.google.com

0 comments:

Posting Komentar