Jumat, 05 Oktober 2012

Stand Up Comedy, Hiburan yang Jadi komunitas

Siapa yang tak tahu stand up comedy? Beberapa tahun terakhir, cara menghibur sendirian (monolog) dengan penonton ini memiliki penggemar yang tidak sedikit di Indonesia. Penyampaian komedi ini secara “one man show”, dengan berdiri ataupun duduk, bercerita atau bernyanyi solo tanpa ada partner untuk melakukan dialog. Secara penampilan, pertunjukan ini sebenarnya adalah pertunjukan yang sederhana. Begitu sederhananya bentuk pertunjukan ini, seorang komedian bisa tampil meski dengan hanya memakai t-shirt dan celana pendek, yang penting adalah bisa bercerita dan melawak secara solo kepada penonton.. Meski demikian, untuk bisa menghadirkan cerita atau aksi yang lucu tetaplah tidak mudah. Tekanan mental pasti akan hadir selama penampilan. Jika lelucon yang diberikan tidak dimengerti atau bahkan tidak dianggap lucu, para audiens tentu tidak akan tertawa dan yang lebih parah mereka malah mencibir komedian yang tampil.


Dalam sejarahnya, Stand Up Comedy sendiri telah ada di abad ke 18 di Eropa dan Amerika. Disana pelaku komedian ini biasa disebut dengan "stand up comic" atau secara singkat disebut dengan "comic". Para comic ini biasanya memberikan beragam cerita humor, lelucon pendek atau kritik-kritik berupa sindiran terhadap sesuatu hal yang sifatnya cenderung umum dengan berbagai macam sajian gerakan dan gaya. Dalam Stand Up Comedy, seorang comic seharusnya memiliki konsep atau materi sebagai bahan lelucon. Dan tak mustahil jika terdapat lelucon yang berbau cabul, rasis dan vulgar di Stand Up Comedy. Mereka biasanya membuat script dan catatan-catatan kecil untuk mempermudah mereka dalam berkomedi.


Di Indonesia, stand up comedy ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dengan kemasan yang berbeda. Tak percaya? Coba saja anda menonton pertunjukan ketoprak, kesenian ludruk, atau wayang seperti wayang cenk blonk di Bali. Mirip kan dengan stand up comedy? Perkembangan stand up comedy di Indonesia juga sangat cepat karena adanya televisi. Stasiun TV seperti Kompas TV mengadakan kompetisi Stand Up Comedy Indonesia untuk mencari bakat comic terbaik. Sedangkan stasiun TV lainnya yaitu Metro TV membuat acara Open Mic, Stand Up Comedy Show hingga Stand Up Comedy Battle.


Semakin lama, penggemar stand up di Indonesia semakin banyak. Muncullah suatu komunitas stand up comedy se-Indonesia yang gagasan pertama kali dari Ernest Prakasa dengan menggunakan media social Twitter. Sambutannya cukup hangat di kalangan masyarakat. Apalagi, saat ini komunitas tersebut mulai berkembang tak hanya di ibukota. Komedi tunggal ini telah merambah ke beberapa daerah di nusantara. Rangkaian kegiatan komunitas yang rutin dilakukan oleh para comic adalah melatih kepiawaian comic tersebut. Mereka mencoba materi komedi ke sesama comic pada acara Open Mic yang telah dirancang pada waktu yang telah ditentukan. Bahkan, beberapa saat yang lalu, tepatnya hari Minggu, 30 September 2012 lalu, komunitas Stand Up Indo Bali bekerjasama dengan HMJ DKV ISI Denpasar membuat acara Bali Tri Tawa, dengan mengundang Ernest Prakasa, Gilang Pamungkas, dan Kemal Palevi. Acara yang berlangsung di kampus ISI Denpasar ini mendapat sambutan yang sangat meriah, dengan 450 tiket terjual HABIS! Bagaimana, ada yang tertarik untuk menjadi comic?

Sumber : www.squidoo.com

Gambar: www.google.com

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus