Kamis, 04 Oktober 2012

Mengenal Smansa Computer Community (SCC)

Setelah mengetahui arti dari komunitas, postingan saya selanjutnya, dimulai dari post ini akan menguraikan contoh-contoh dari komunitas. Bagi siswa SMA Negeri 1 Denpasar, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama SCC. Ya, Smansa Computer Community. Adalah salah satu komunitas yang menjadi ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Denpasar. SCC memiliki lebih dari 100 anggota mulai dari kelas X hingga kelas XII. Maka tak heran, komunitas computer ini adalah salah satu dari 11 ekstra besar di SMANSA.


Ekstra ini sebelumnya bernama “ekstra komputer” saja, atau “komputer akuntansi”. Namun sejak 6 Juni 2006, ekstra ini berubah nama menjadi SCC dengan motto “To Program, To Design, To Explore, and Make The Way To The Future!” dan memiliki 3 divisi. Divisi pertama atau divisi 1 adalah divisi programming. Disini, anggota divisi 1 diajarkan untuk membuat program dengan pascal, visual basic, belajar matematika logika, dll. Setelah itu adalah divisi 2 atau divisi design. Di divisi ini, anggotanya akan diajarkan cara membuat design dengan adobe photoshop atau coreldraw.


Divisi terakhir adalah divisi 5 atau divisi networking. Anggota divisi ini akan belajar cara membuat sebuah website dengan HTML, CSS, dan PHP. Juga, anggota divisi ini bisa belajar cara menghubungkan satu computer dengan computer lainnya dengan sebelumnya membuat kabel LAN sendiri. Menarik bukan?


SCC juga memiliki lomba tahunan, yaitu Three Divisions Competition (TDC). Pada Agustus 2012 ini, telah diadakan TDC yang ketiga. Lomba tahunan TDC ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa SMP yang ingin mengasah kemampuannya dalam bidang IT, selain itu juga untuk memeriahkan HUT SMAN 1 Denpasar. Asyik bukan, komunitas yang saya ikuti ini?

 

0 comments:

Posting Komentar