Jumat, 05 Oktober 2012

Bersepeda dalam Satu Komunitas, SAMAS

Setelah pada post sebelumnya saya memberikan uraian singkat terhadap salah satu komunitas di sekolah saya yaitu SCC, di post ini akan saya uraikan sedikit tentang komunitas bersepeda di Denpasar, yaitu Sekretariat Bersama Sepeda atau lebih dikenal dengan sebutan SAMAS. Mungkin masyarakat Kota Denpasar ada yang belum pernah mendengar komunitas yang satu ini? Tidak apa-apa, membaca di blog ini adalah salah satu kunci membuka wawasan kita, hehehe…


Jadi sejarah singkat terbentuknya SAMAS di Denpasar itu begini. Untuk menyatukan visi dan misi para penggemar sepeda di Denpasar pada khususnya dan di Bali pada umumnya, maka kurang lebih dari 25 klub sepeda yang ada di Denpasar dan sekitarnya mendeklarasikan berdirinya Sekretariat Bersama Sepeda Denpasar atau yang lebih dikenal dengan sebutan SAMAS Denpasar pada hari Sabtu, 15 Agustus 2009 yang bertempat di Lapangan Puputan Badung. Terbentuknya SAMAS Denpasar ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para penggemar sepeda untuk menyalurkan aspirasi serta ide ide kreatif bagi kelangsungan dunia sepeda di Bali.


Sejak tanggal 15 Agustus 2012 lalu, SAMAS Denpasar telah berumur 3 tahun. Dalam usia yang masih muda, Samas Denpasar sebagai forum komunikasi komunitas dan klub sepeda yang berada di wilayah Kodya Denpasar telah berusaha menjalankan program-program yang dirancang untuk memasyarakatkan sepeda, menggiatkan aktivitas bersepeda dan memberikan manfaat untuk komunitas dan lingkungan terkait dengan kegiatan bersepeda.


Beberapa program yang berhasil dicanangkan oleh komunitas ini seperti suksesnya peluncuran program Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) dan Lajur Sepeda pertama di Bali. Samas Denpasar juga telah meluncurkan program strategis yaitu Bersepeda ke Sekolah atau Bike To School (B2S). Program ini adalah salah satu upaya Samas Denpasar beserta Samas se-Bali yang telah terbentuk sebelumnya di masing-masing kabupaten untuk lebih menggiatkan penggunaan sepeda sebagai moda transportasi alternatif yaitu dipakai ke sekolah oleh siswa SMP dan SMA.


Pada peringatan ulang tahun Samas Denpasar yang ketiga lalu mengambil tema “SAMAS TRILOGY – GREEN ACT, GREEN FRIENDSHIP, GREEN LIFESTYLE”. Tema ini mengandung makna yaitu mengajak seluruh komponen masyarakat luas bersama-sama menggiatkan gerakan bersepeda secara nyata sehingga diharapkan akan menjadi gaya hidup yang sehat dengan manfaat luas untuk diri sendiri, masyarakat dan lingkungan sehingga tercipta lingkungan hijau dan langit biru senantiasa terjaga dan terpelihara di Bali. Mantap deh! Kita sebagai masyarakat Kota Denpasar khususnya dan Provinsi Bali umumnya, harus mendukung program dari komunitas ini, untuk kebaikan kita juga!

Sumber : www.sepedabali.org dan www.b2w-indonesia.or.id

Gambar: www.google.com

0 comments:

Posting Komentar