Minggu, 29 Agustus 2010

TeknoD (3), CCTV, si Kamera Pengaman

Nah, adakah yang belum tau apa itu CCTV? Ok, akan saya jelaskan. CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television, yang artinya menggunakan sinyal yang bersifat tertutup. CCTV ini berguna untuk menampilkan gambar pada waktu dan tempat tertentu, karena CCTV adalah salah satu video camera. Pada umumnya, CCTV ini digunakan sebagai pelengkap keamanan. Kita tidak perlu selalu menjaga salah satu tempat. Kalau sudah diletakkan CCTV, kita tinggal mengawasinya dari televisi yang disambungkan dengan CCTV tersebut. Praktis, bukan?

CCTV biasanya digunakan di tempat-tempat ramai, seperti di militer, bandara, toko, pusat perbelanjaan, kantor, pabrik, bank, jalan raya, dll. Bahkan sekarang, sekolah seperti sekolah saya, perumahan, dan universitas pun sudah terdapat CCTV. Ini untuk mempermudah pemantauan di setiap ruangan kelas atau rumah. Di Denpasar, penggunaan CCTV pun sudah banyak. Contohnya, ya di tempat-tempat tadi.

Bagian CCTV dibagi menjadi dua, yaitu kamera dan DVR (Digital Video Recorder). Fungsi kamera tentu saja untuk mengambil gambar di suatu tempat. Ada dua tipe kamera untuk CCTV. Yang pertama adalah kamera analog, yaitu kamera yang menggunakan satu kabel untuk setiap kamera dan itu berarti setiap kamera akan terhubung dengan DVR atau system secara langsung. Tipe kamera yang kedua adalah kamera network atau IP (Internet Protocol) Camera. Kamera ini lebih menguntungkan karena kamera ini bisa menggunakan Jaringan Network yang akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel (bercabang), sehingga kamera ini tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap camera.

Kalau DVR (Digital Video Recorder), adalah bagian CCTV yang berfungsi untuk merekam semua gambar yang dikirim oleh kamera. Di DVR ini, banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan. Salah satunya, rekaman yang sudah disimpan dapat menjadi bukti dalam membuktikan suatu hal yang terdapat di rekaman tersebut (misalnya perampokan, pencurian, dll.). Jumlah dan kualitas rekaman ditentukan oleh jenis DVR-nya. Jadi, pilihlah DVR yang bagus, ya!

Nah, jangan lupa, jika sedang melewati CCTV, bergaya sebaik dan selucu mungkin! Siapa tahu, yang melihat kamu jadi bingung. Tapi jangan marah jika dibilang orang gila oleh yang melihat, hehehe. Jadi bagaimana, berguna sekali kan CCTV itu? Jangan lupa, baca artikel menarik lainnya di blog ini ya!


Sumber:

id.wikipedia.org


Sumber Gambar :

www.google.com

0 comments:

Posting Komentar