Minggu, 29 Agustus 2010

TeknoD (2), Internet yang Makin Praktis, ada juga yang Gratis!

Di artikel ini, saya akan menjelaskan tentang internet dan hal-hal yang berhubungan dengan internet tersebut. Pertama-tama, apa sih internet itu? Internet adalah singkatan dari interconnected-networking, yaitu rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian. Rangkaian-rangkaian ini berkumpul menjadi satu membentuk internet. Nah, lalu apa saja fungsi dari internet?

Internet dapat menjadi pencari informasi. Kita tinggal mencari informasi yang kita mau dengan menggunakan mesin pencari terbesar, Google. Internet juga sebagai sarana komunikasi, dengan adanya fitur chatting seperti Yahoo Messenger (YM) atau Google Talk. Ada juga jejaring sosial, contohnya Facebook (FB) dan Twitter untuk berteman dengan banyak orang. Selain itu, internet dapat mengirim e-mail (surat elektronik). Masih ada banyak fungsi lainnya, lho! Silahkan temukan sendiri, ya. Hehehe.

Intenet dapat diakses dengan menggunakan PC (Personal Computer) atau notebook. Jika ingin mengakses internet melalui dua benda tersebut, sebelumnya harus dihubungkan dengan menggunakan dial-up seperti TelkomNet Instan atau dengan menggunakan modem, contohnya Speedy dari Telkom. Internet juga dapat diakses dengan menggunakan handphone (HP). HP menggunakan teknologi yang lebih canggih dari PC, karena HP mengakses internet dengan menggunakan GPRS (General Packet Radio Service), dan GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Jadi, HP dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Tapi, membayarnya dengan menggunakan pulsa operator HP tersebut.

Hoi, jangan panik kalau tidak memiliki HP, komputer, ataupun notebook, tapi ingin mengakses internet! Karena perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak orang mengambil kesempatan tersebut untuk membuka usaha warung internet (warnet). Ya, di Denpasar sendiri, sudah banyak terdapat warnet. Harganya bervariasi, dapat dihitung per menit atau per jam. Kondisi warnet pun beragam. Mulai dari bersih dan terang, sampai ke kotor dan remang-remang. Tinggal pilih deh, mau warnet yang mana! Saya juga punya warnet langganan, yaitu BWS Net di Jl. Tukad Yeh Aya 164, Denpasar. Warnet ini bersih, terang, dan dekat dari rumah saya. Maka dari itu, warnet ini menjadi warnet langganan saya. Hehehe.

Nah, ini tambahan bagi yang memeliki notebook dan handphone. Apakah di benda-benda berteknologi milik kalian tersebut, terdapat fitur Wi-Finya? Jika iya, beruntunglah kalian! Karena Wi-Fi adalah salah satu penghubung notebook/HP ke dunia maya, tanpa diperlukannya kabel (nirkabel). Wi-Fi menggunakan titik akses (hotspot) yang terdapat di suatu tempat. Wi-Fi lebih menguntungkan, karena kemudahan akses dan terhindar dari virus di komputer-komputer warnet.

Hotspot sebagai tempat mengakses internet, dapat ditemukan di banyak tempat di Denpasar. Contohnya, di warnet. Ya, selain menyediakan komputer yang terhubung dengan kabel, warnet biasanya menyediakan hotspot. Jeleknya, antara menggunakan komputer warnet dengan hotspot, harga tetap sama. Tapi bagusnya, kecepatan mengakses sangat terjamin, jika dibandingkan dengan hotspot di tempat bukan warnet. Nah, tempat-tempat bukan warnet berhotspot adalah restoran, kafe, minimarket seperti MiniMart, dan kantor. Di sekolah seperti sekolah saya dan universitas juga terdapat hotspot. Dan bagusnya, fitur hotspot di tempat-tempat ini tidak dipungut biaya, alias gratis! Nah, tidak rugi kan, membeli notebook/HP berWi-Fi? Karena, keuntungannya sangat banyak!

Bagaimana, sudah bertambah kan, wawasan kalian tentang internet? Nah, jika ingin menambah wawasan kalian tentang teknologi yang lain, silahkan baca artikel bertemakan TeknoD lainnya, ya!


Sumber:

id.wikipedia.org

Sumber Gambar :

www.google.com

0 comments:

Posting Komentar