Minggu, 29 Agustus 2010

TeknoD (1), Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Denpasar

Nah, pertama-tama saya jelaskan dulu pengertian TeknoD ya. TeknoD adalah salah satu sub tema yang saya buat, untuk menyampaikan apa saja teknologi yang sudah berkembang di Kota Denpasar. Pokoknya, semua tentang teknologi deh! Nah, kita lanjutkan ke artikel TeknoD yang pertama. Yaitu tentang Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Denpasar.

Bagi warga Denpasar yang sudah sejak dulu tinggal di kota ini, kota berwawasan budaya ini sekarang sudah sangat berubah. Mulai dari alat transportasi, penduduk yang tambah banyak, dan tentunya teknologi. Teknologi yang semakin maju membuat Denpasar sebagai kota urban yang semakin hari semakin maju. Nah, apa saja teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yang merubah muka Denpasar masa kini? Silahkan baca terus untuk mengetahuinya, ya!

a. Media cetak yang semakin diminati

Kita mulai dulu dengan perkembangan media cetak di kota ini. Di masa kini, terdapat lebih banyak media cetak daripada tahun-tahun sebelumnya. Ya, media cetak seperti koran atau majalah semakin diminati oleh warga kota Denpasar. Ini terbukti dengan banyaknya media cetak bertemakan Bali dan dibuat oleh orang-orang Bali. Contohnya, Bali Post, Denpost, Tokoh, Majalah Sarad, Taksu, dan lainnya. Selain itu, koran-koran dan majalah nasional seperti Kompas, Bobo, Seputar Indonesia, dll., juga menjadi “makanan” sehari-hari warga kota ini. Maka dari itu, Kompas yang dulunya datang sore hari karena dikirim dari Jakarta dapat diterbitkan pagi hari di Denpasar. Sebab redaksi Kompas mengetahui, warga Denpasar sangat senang membaca Koran Kompas. Selain itu, redaksi Kompas ingin warga Denpasar menerima informasi terkini lebih cepat dari sebelumnya.

b. Televisi yang semakin merakyat

Dulu, televisi (TV) bukanlah barang yang berharga dan yang utama. Tapi sekarang, hampir setiap rumah, atau semua rumah di Denpasar ada TVnya. Ya, TV dapat menjadi alat pemberi informasi yang cepat dan langsung. TV juga memiliki acara-acara menarik setiap waktu untuk menghibur semua orang. Apalagi, Denpasar dan Bali pada umumnya sudah memiliki channel bertemakan Bali, yaitu Bali TV dan Dewata TV. Semua itu membuktikan bagaimana perkembangan TV yang pesat sebagai salah satu teknologi informasi di Denpasar.

c. Perkembangan komputer dan notebook

Teknologi yang berkembang pesat juga membuat penggunaan komputer bertambah. Ya, komputer dapat membantu pekerjaan-pekerjaan kita. Misalnya, menulis buku, menghitung, membuat presentasi, film, dan lainnya. Kalau tidak ingin membeli komputer, notebook pun bisa menjadi pilihan. Apalagi, notebook memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki komputer. Dan, untuk membeli atau memperbaikinya, tidak perlu pusing mencari tempatnya. Yang kecil-kecilan ada, bahkan pusatnya pun ada di Denpasar. Yaitu, di Jl. Diponegoro dan Gatot Subroto. Kalau tidak bisa memilikinya, ke warung internet juga bisa. Pokoknya, semua lengkap deh di Denpasar!

d. Semakin digunakannya internet oleh warga kota

Internet juga salah satu TIK yang berkembang pesat di Denpasar. Bagaimana tidak, internet memiliki banyak fungsi, yaitu untuk mencari informasi, alat komunikasi ke orang lain, dan lainnya. Di sekolah juga sudah ada pelajaran komputer dan bagaimana cara menggunakan internet. Perkembangan pesat internet juga dapat dibuktikan dengan banyaknya warung internet (warnet) dan fitur wi-fi (hotspot) di tempat-tempat nongkrong di Denpasar. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang internet, silahkan klik di sini.

e. Perkembangan Handphone (HP)

Bagi warga kota yang maju seperti Denpasar, masih adakah yang tidak kenal handphone (HP) atau telepon genggam? HP adalah salah satu TIK yang multifungsi. Bagaimana tidak, banyak sekali fitur yang dimiliki oleh HP. Contohnya, ada fitur komunikasi seperti dapat menelpon orang lain, pesan singkat, bahkan video call dan e-mail. HP juga bisa digunakan untuk menonton acara seperti menonton di TV, internetan, mendengar musik, main game, dan lainnya. Seluruh warga kota pun memilikinya, tak kenal muda ataupun tua. Apalagi, di Denpasar sudah semakin “menjamur” toko-toko penjual HP dan pulsa operatornya. Semua ini membuktikan, perkembangan HP sangat pesat di kota ini.

f. Penggunaan CCTV yang semakin banyak

CCTV dapat diartikan sebagai kamera/alat perekam yang memberi informasi tentang tempat diletakkannya CCTV tersebut. Ya, alat ini dapat memberikan informasi langsung tentang tempat-tempat yang direkamnya. Biasanya, diletakkan di tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan (mall), jalan raya, dan bank. Di sekolah pun ada. Nah, kalau ingin mengetahui lebih lengkapnya, silahkan klik di sini.

Itulah tadi beberapa TIK yang berkembang pesat di Denpasar, kota kita tercinta ini. Walaupun teknologi terus berkembang, di Denpasar masih ada kok alat komunikasi tradisional yaitu kulkul. Untuk lengkapnya, silahkan klik di sini. Pokoknya tetap ingat, walaupun teknologi terus berkembang, jangan lupakan budaya sendiri yang harus tetap dilestarikan. Okay?


Sumber:

Opini dan dokumen penulis

Sumber Gambar :

www.google.com

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus