Minggu, 29 Agustus 2010

IID (2), Nasi Ayam dan Babi Guling, Kuliner dari Daging Ayam dan Babi Khas Bali

Kuliner dari Bali sangat banyak. Salah satunya adalah makanan dari daging hewan yaitu ayam dan babi (maaf, menu dari babi ini khusus untuk non muslim). Kuliner ini adalah, nasi ayam dan babi guling! Nah, bagi yang belum tau dan penasaran karena pingin tau, silahkan klik baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Nasi Ayam

Bagi yang sudah pernah ke Bali, apakah sudah makan nasi ayamnya? Kalau belum, sayang sekali. Karena nasi ayam ini betul-betul lezat! Nasi ayam ini mirip dengan nasi campur, tapi ditambahkan dengan variasi dari daging ayam lainnya seperti ayam suwir, ayam betutu, telur, kacang tanah, gorengan kulit ayam yang gurih, sayur, sate ikan, sambal matah (mentah) Bali, dan lainnya. Jika kita menyantapnya, uh, dipastikan akan menambah lagi!

Tempat yang terkenal untuk mencari nasi ayam yang rata-rata harganya Rp 10.000 sampai Rp 15.000 seporsi ini adalah di Jalan Raya Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Di jalan ini terdapat banyak sekali tempat makan nasi ayam! Tapi, kalau tidak ingin pusing-pusing memilih tempat makan di sana atau karena terlalu jauh, pergi saja ke Jalan Tukad Badung, Renon, Denpasar. Di jalan ini terdapat salah satu cabang dari tempat makan di Kedewatan tadi, yaitu Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Suasananya, dijamin enak deh!

Babi Guling

Makanan lainnya yang serupa tapi tak sama seperti nasi ayam di atas adalah babi guling, atau bisa juga disebut be guling. Kenapa serupa tapi tak sama? Karena hanya daging yang digunakanlah yang membedakan dua kuliner ini. Kalau nasi ayam dari daging ayam, sedangkan babi guling dari daging babi. Harga dan rasanya, sama saja. Lumayan terjangkau dan mantap lezatnya!

Babi guling ini dibuat dari anak babi betina atau jantan. Seluruh badannya digunakan secara utuh kecuali isi perutnya. Nah, isi perutnya ini dikeluarkan seluruhnya dan diganti dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon. Lalu, babi ini dipanggang diatas bara api sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang yang ditandai dengan warna kulitnya menjadi kecoklatan dan renyah. Satu porsi babi guling berisikan nasi, daging babi lengkap dengan bumbu, kulit dan krupuk babi yang renyah, lawar, dan lainnya.

Babi guling yang paling terkenal dan enak berasal dari kabupaten Gianyar. Tapi, di Denpasar sudah banyak ada rumah makannya. Contohnya saja, di sekitar Jalan Raya Sesetan, Hayam Wuruk, atau WR. Supratman. Tapi sayang, saya lupa nama rumah makannya, hehehe.

Bagaimana, apakah air liurmu sudah turun? Membacanya saja sudah terbayang betapa lezatnya kuliner ini, bukan? Nah, ada tips untuk memakan dan membeli dua kuliner ini. Pertama, kalian bebas memilih mau pedas atau tidak. Kalau bisa sih yang pedas, biar lebih mantap! Yang kedua, makanan ini biasanya habis atau tidak enak dimakan lagi pada sore hari. Makanya, jadikan nasi ayam atau babi guling sebagai sarapan atau makan siangmu, karena makanan ini lagi hangat-hangatnya pada jam-jam tersebut. Dan terakhir, bagi yang belum mencoba, cobalah secepatnya, ya!


Sumber:

Internet

Sumber Gambar :

www.google.com

3 komentar:

  1. Take that spool of thread, or buy another, and make the cutest little necklace in your collection. "In all you will need a dozen pallets to form the seating, and the cushions and small pillows chosen make the pallets comfortable once you've got them connected and safely in place,' says Howell. The first dog that I actually owned (though still the family's dog, he was "mine,") I named Marbles because of his tricolor fur that I loved.

    my site :: meubles Accent Rockland

    BalasHapus
  2. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus
  3. Suka Bermain Judi Online ?
    Tapi Susah Menang ?
    Yuk Bergabung di Impian4d !!
    Situs Betting Online Dengan WinRate Tinggi !!
    Situs Mudah Menang Dengan Berbagai Promosi Menarik Serta Proses Deposit Dan Wd yang Cepat !!
    Dengan Min Deposit Dan Wd Hanya 20rb Saja !!

    Daftar Sekarang Juga di Impian4d !
    Link : www(.)ratuimpian(.)net
    Wa : +6281298221172

    Salam Jackpot !!

    BalasHapus